Prestasi Gemilang

The 3rd DESCOMFIRST 2018

Design Competition for Industrial System and Environment (DESCOMFIRST) merupakan kompetisi desain produk untuk mahasiswa S1 tingkat ASIA Tenggara yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Universitas Sebelas Maret. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa sekaligus sebagai sarana untuk memperkenalkan UNS secara umum ditingkat internasional.

 Kompetisi ini memiliki kajian utama mengenai desain alat bantu pada bidang industri yang tentu saja tidak terlepas dari disiplin keilmuan teknik industri serta dikombinasikan dengan disiplin desain produk agar menghasilkan suatu produk inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta dapat bersaing dengan produk produk yang telah ada dipasaran.

Tahun 2018 adalah tahun ketiga diselenggarakannya DESCOMFIRST. DESCOMFIRST dengan tema “Manual Tools for Processing Agricultural Product“. Pada tahap awal, sebanyak 35 tim dari berbagai Universitas yang ada di Asia Tenggara mengikuti tahap seleksi proposal pertama. Setelah melalui beberapa tahap penilaian proposal, didapatkan 15 tim yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu tahap final. Tim yang lolos tahap seleksi proposal berasal dari 4 tim dari Universitas Islam Indonesia, 3 tim dari Universitas Telkom, 1 tim dari Universitas Gajah Mada, 1 Tim dari Univesitas Andalas, 1 tim dari Universitas Brawijaya, 1 tim dari Universitas Muhammadiyah Malang, 1 tim dari Universitas Sebelas Maret, 1 tim dari Politeknik Negeri Bandung, dan 2 tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Final DESCOMFIRST 2018 akan diadakan selama dua hari yaitu tanggal 5 dan 6 Mei 2018 dikota Surakarta. Tanggal 5 Mei 2018 acara akan diadakan di Hotel Adhiwangsa, ke 15 tim finalis mempresentasikan hasil desain produknya masing-masing kepada dewan juri. Dalam babak final ini, terdapat 3 akademisi dalam bidang desain produk industri yang menjadi dewan juri, yaitu Dr. Muh Hisjam, S.TP., M.T. yang merupakan dosen Teknik Industri UNS, Dr. Alva Edy Tontowi yang merupakan dosen Universitas Gajah Mada dan Alexandra Meilia Wiyata yang merupakan perwakilan dari PT. Kawan Lama. Acara hari pertama ini berlangsung mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00. Selanjutnya pada malam hari para finalis mengikuti gala dinner bersama beberapa panitia di Resto Hotel Adhiwangsa Surakarta.

Acara hari kedua yaitu tanggal 6 Mei 2018 akan diselenggarakan di Solo Paragon Mall. Hari kedua finak DESCOMFIRST 2018 ini merupakan acara expo, dimana ke 15 tim yang menjadi finalis memamerkan prototipe dari desain produk yang dibuat kepada masyarakat umum. Sebelum memulai expo, peserta melakukan city tour menggunakan Bus Werkudara ke Keraton Mangkunegaran Suarakarta. Kegiatan city tour ini berakhir pukul 12.00 di Rumah Makan Nini Thowong untuk makan siang.  Expo yang diselenggarakan di Solo Paragon Mall berlangsung pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Acara expo ini ditutup dengan pembacaan juara 1, 2,3 dan juara favorit . juara pertama diraih Tim Al-faraby dari UII, juara kedua diraih Tim Pucuk dari UNS dan Juara 3 diraih Tim Dungone Mak’e dari Universtias Telkom. Sedangkan juara favorit diraih oleh Tim Rangers 15 dari Universitas Brawijaya. Total hadiah yang diberikan sebesar 25 juta. Kegiatan DESCOMFIRST 2018 adalah salah satu kegiatan bergengsi yang diselenggarakan oleh Program Studi Sarjana Teknik Industri UNS.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*

Program Studi Teknik Industri
Fakultas Teknik
Universitas Sebelas Maret
Jl. Ir. Sutami No.36A, Jebres,
Kota Surakarta, Jawa Tengah
57126