Prestasi Gemilang

The 5th IDEC 2018
 /  News / The 5th IDEC 2018

The 5th IDEC 2018

The 5th Industrial Engineering Conference (IDEC) 2018 merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Program Studi Sarjana Teknik Industri UNS. Acara ini rutin diadakan oleh TI UNS sejak tahun 2014. Dari sejarahnya, IDEC telah berhasil dimanfaatkan oleh para pesertanya (peneliti, praktisi, dan mahasiswa) sebagai media berkomunikasi dan mengembangkan jejaring terkait dengan bidang-bidang keilmuan pada ranah teknik industri secara umum.

The 5th IDEC 2018 ini mengangkat tema Peningkatan Daya Saing Industri dan Pemberdayaan Tenaga Kerja Difabel sebagai Tenaga Kerja Industri: Implementasi Alat Bantu bagi Pekerja Difabel. Acara ini terdiri dari 3 events, yaitu seminar nasional, publish paper, dan workshop keilmuan di hari kedua. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu, hari Senin, 7 Mei 2018 sampai dengan Selasa, 8 Mei 2018 dan bertempat di The Lor In Hotel Solo. Di hari pertama kegiatan tersebut, dilaksanakan Seminar Nasional yang dibuka oleh Dr. Techn. Ir. Solichin As’ad, M.T selaku Dekan Fakultas Teknik UNS dan dihadiri para akademisi dari seluruh Indonesia. Acara hari pertama ini berlangsung mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00. Seminar tersebut membahas mengenai bagaimana peran difabel di ranah industri dan menghadirkan pembicara dari pemerintahan yaitu, Arif Sambodo, SE, M.Si selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dan Drs. Bambang Sugeng,. MM selaku Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Pembicara dari kalangan industri yaitu, Slamet Tarjono selaku direktur CV. Mandiri Craft Yogyakarta, dan pembicara dari akademisi yaitu, Dr. Ir. Lobes Herdiman,. M.T selaku dosen Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta. Seminar nasional ini akan dipandu oleh Dr. Cucuk Nur Rosyidi, S.T.,M,T selaku moderator seminar.

Konferensi nasional berupa publikasi paper yang akan dikemas dalam bentuk prosiding dan diikuti sebanyak 180 peserta dari 23 institusi di Indonesia yaitu wilayah Jawa Timur, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, Jawa Barat, Maluku, dan Riau. Kegiatan publish paper tersebut dibagi menjadi 6 bidang keminatan yaitu, sistem kualitas, sistem produksi, perancangan sistem kerja dan ergonomi, sistem informasi, sistem logistik dan bisnis, dan perancangan dan perencanaan produk. Di hari kedua kegiatan tersebut, diadakan workshop yang dihadiri oleh 20 orang peserta dengan tema ”Solve Industrial Engineering Problem Using Design of Experiment Method”. Acara hari pertama ini berlangsung mulai pukul 07.30 sampai pukul 13.00. Kegiatan ini diisi oleh dua orang pembicara dari Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta yaitu, Dr. Eko Pujiyanto, S.Si,. M.T sebagai pembicara yang menyampaikan teori mengenai Design of Experiment dan I Wayan Suletra, S.T,. M.T sebagai pembicara yang menyampaikan implementasi Design of Experiment dengan aplikasi Mathlab.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai peran difabel dalam industri kepada masyarakat umum terkhusus praktisi maupun akademisi bidang teknik industri. Selain itu, dapat memberikan pengetahuan mengenai usaha pemerintah terhadap pembangunan berkelanjutan serta memberikan contoh kasus dan penyelesaiannya dengan ilmu teknik industri terkait industri berkelanjutan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*