Babak Final DESCOMFIRST 2016, 11 Finalis Paparkan Ide tentang Sustainable Design

Published on May 03, 2016

Sebanyak 11 tim finalis Design Competition for Industrial System and Environtment (DESCOMFIRST) 2016 dengan tema “Sustainable Design for Manual Material Handling”  mempresentasikan ide mereka dihadapan juri, Senin (2/5/2016).  Kesebelas tim tersebut berasal dari Universitas Kristen Maranatha (1 tim),  Universitas Katolik Parahyangan (1 tim),  Universitas Sebelas Maret (1 tim),  Institut Sepuluh November (2 tim),  Universitas Teknologi Yogyakarta (1 tim),  Universitas Telkom (3 tim),  Universitas Surabaya (1 tim) dan  Universitas Veteran Jakarta (1 tim).

Tema Sustainable Design for Manual Material Handling pada kompetisi ide yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini dipilih dengan maksud tidak hanya merujuk pada konsep desain yang efisien dan aman. Desain juga harus mengedepankan konsep desain yang berkelanjutan. Melalui desain tersebut, produk yang dihasilkan mampu menjembatani karakteristik kubutuhan desain yang berkelanjutan serta keefektifan kerja atau proses manual material handling sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam proses manufaktur.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini akan ada ide kreatif yang muncul. Ide baru tidak harus dari professor. Dari kesebelas tim semoga kita mendapat pembaharuan ide, gagasan, dan pemikiran yang berguna bagi negara kita dengan hasil yang terbaik,” harap Eko Pujiyanto, Wakil Dekan III pada saat membuka acara DESCOMFIRST 2016.

Salah satu finalis memaparkan konsep desain hand truck. Hand truck dipilih karena alat tersebut banyak digunakan dalam cakupan yang luas, low cost dan sederhana. Mereka mendesain hand truck dengan spesifikasi; dimensi frame 20 x 45 x 125 cm, dimensi nose 66 x 45 cm, material steel dengan berat 15 kg dan mampu memngangkat berat 600 pounds. Perbedaan dengan hand truckyang sudah ada yakni mereka mendesain tatakan pengangkut barang yang bisa disesuaikan. Sehingga, pada saat proses pemindahan barang dari hand truck, pengguna tidak harus membungkuk. Mereka yakin, dengan desain hand truck tersebut akan menghindari cidera pada punggung pengguna.

Pengumuman pemenang DESCOMFIRST 2016 akan disampaikan pada saat acara penutupanIndustrial Engineering Conference (IDEC) 3rd 2016 di Hotel Alana, Selasa, 3 Mei 2016.[](red.uns.ac.id)