PSTI Menyelenggarakan Brainstorming “Peranan PSTI Dalam Mendukung Peningkatan Daya Saing Industri Nasional” serta Inisiasi pembentukan “Industrial Advisory Board Program Studi Teknik Industri UNS”

Published on Aug 10, 2016

Siang ini, Program Studi Teknik Industri menyelenggarakan rapat yang dihadiri oleh dosen-dosen serta dua tamu penting yaitu Ir. I Made Dana Tangkas, IPM selaku Wakil Ketua BKTI PII Pusat yang merupakan Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan Dr. Ir. Bambang Purwanggono, M.Eng selaku Wakil Ketua Masyarakat Standarisasi Indonesia (MASTAN) dan Ketua Forum Pendidikan Standarisasi Nasional (FORSTAN). Kehadiran kedua tamu ini tidak lain untuk melakukan curah pendapat (brainstorming) mengenai “Peranan PSTI Dalam Mendukung Peningkatan Daya Saing Industri Nasional” serta melakukan inisiasi pembentukan “Industrial Advisory Board Program Studi Teknik Industri UNS” dengan Bapak Ir. I Made Dana Tangkas, IPM. Dalam diskusi tersebut, Bapak Ir. I Made Dana Tangkas, IPM menyebutkan industri nasional saat ini memerlukan perhatian khusus pada keempat 4 hal berikut yaitu pengembangan kawasan real industri seperti di Tegal maupun Klaten, pembangunan industri di luar Jawa, mengupgrade UKM maupun IKM serta yang paling penting yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah pelatihan. Saat ini hanya sedikit industri-industri yang paham mengenai pentingnya pelatihan bagi karyawan-karyawannya. Tentunya pemikiran seperti inilah yang perlu diubah. Selain pelaku industri, baik SMK maupun perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas SDM dengan pemagangan atau internship. Tahun ini akan diinisiasi sebanyak 200.000 pemagangan, yang artinya sebanyak 200.000 perusahaan harus menerima pelajar/mahasiswa magang.

Dalam pertemuaan siang ini, Ir. I Made Dana Tangkas, IPM selaku Wakil Ketua BKTI PII Pusat yang merupakan Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia juga telah menyetujui untuk menjadi salah satu penasehat dalam “Industrial Advisory Board Program Studi Teknik Industri UNS”. Bapak Ir. I Made Dana Tangkas, IPM diharapkan dapat memberi arahan kepada PSTI UNS untuk mengatasi isu-isu pada industri nasional maupun industri internasional

Setelah melakukan diskusi tersebut, Dr. Ir Wahyudi Sutopo, ST, Msi, IPM selaku Kepala PSTI UNS menyimpulkan bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, PSTI UNS juga telah menyiapkan langkah yaitu menjalin kerjasama magang dengan industri maupun universitas, perbaikan laboratorium, serta menyiapkan video profile untuk kepentingan promosi.