Identitas Mata Kuliah

Kode Mata Kuliah                     : TI193207

Nama Mata Kuliah                    : Praktikum Perancangan Teknik Industri IV

Bobot Mata Kuliah (SKS)          : 2

Semester                                  : 6

Mata Kuliah Prasyarat               : TI193106 – Pemasaran ,TI193108 – Praktikum Perancangan Teknik Industri III

Deskripsi Mata Kuliah              : Mata kuliah ini membahas aplikasi ilmu teknik industri dalam merancang strategi pemasaran dan struktur organisasi perusahaan. Mata kuliah ini meliputi bahasan segmentasi, pasar sasaran, bauran pemasaran, perancangan organisasi dan analisis kerja, penghitungan harga pokok produk, penentuan harga jual, serta analisis kelayakan investasi.

Daftar Referensi                       : Yuniaristanto, Roni Zakaria., Modul Praktikum Perancangan Teknik Industri IV, Jurusan Teknik Industri UNS, 2019

Pujawan, I. N., Ekonomi Teknik, GunaWidya, Jakarta, 2009

  1. Sutopo, W., Yuniaristanto, dan R. Ardiansyah, R., Analisis dan Estimasi Biaya. , UNS Press: Surakarta, 2014

Kotler, P. and Keller, K. L., Marketing Management, Prentice Hall, 2016

Robbin, S. P., Organizational Behaviour, Pearson, 2017