Kuliah Perdana Prodi S3 Teknik Industri UNS yang bertema “Membangun Atmosfir Akademik yang Positif untuk Studi S3 dengan Sukses” diselenggarakan oleh Prodi S3 Teknik Industri pada hari Selasa, 1 Maret 2022. Kuliah perdana ini menghadirkan pembicara yaitu Prof. Dr. Cucuk Nur Rosyidi, S.T., M.T. selaku Kepala Program Studi S3 Teknik Industri UNS dan Dr. Eng. Pringgo Widyo Laksono, S.T., M.Eng selaku Dosen S3 Teknik Industri UNS. Kuliah perdana ini bertujuan untuk mempersiapkan kegiatan perkuliahan di semester baru dan memberikan pengarahan kepada mahasiswa aktif program studi S3 Teknik Industri yang disampaikan oleh kepala program studi dan dosen, sehingga mahasiswa program studi S3 lebih mampu memahami sistem perkuliahan.

 

Kuliah perdana pertama bertema “To Be A Successful Doctoral Student” yang diisi oleh Kepala Program Studi S3 Teknik Industri UNS yaitu Prof. Dr. Cucuk Nur Rosyidi, S.T., M.T. membahas tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang mahasiswa doktor yang sukses. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa S3 bukanlah sebagai tujuan, tapi jadikanlah S3 sebagai terminal pemberhentian sementara, sehingga dapat bergerak lebih maju lagi menuju terminal berikutnya. Selain itu, beliau juga memberikan beberapa kiat – kiat penting dalam membentuk atau membangun kompetensi, dimana terdiri dari 3 hal yaitu attitude, skill, dan knowledge. Sehingga, diharapkan dari ketiga hal tersebut seorang mahasiswa doktor mampu meraih kesuksesan dengan jalan cerita yang unik pada masing – masing mahasiswa. Pemaparan terakhir yang beliau sampaikan yaitu memberikan motivasi kepada mahasiswa doktor untuk selalu bekerja keras dan berusaha sebaik – baiknya, karena dengan hal tersebut diharapkan mampu menghadapi garis waktu yang tidak akan diketahui ujungnya sampai kapan.

 

Kuliah tamu kedua bertajuk “PhD Journey, please enjoy!” yang diisi oleh Dosen Program Studi S3 Teknik Industri yaitu Dr. Eng. Pringgo Widyo Laksono, S.T., M.Eng. membahas tentang bagaimana pengalaman beliau ketika sebelum PhD, lalu perjalanan PhD beliau menyelesaikan PhD di Gifu University Jepang, dan beberapa motivasi yang membangun. Beliau menyampaikan bahwa alasan seseorang harus mengambil PhD yaitu dengan mengambil program tersebut, seseorang mampu mendapatkan knowledge yang lebih dan mampu memberikan kontribusi research yang cukup signifikan. Menurut beliau, PhD yang baik bukanlah yang sempurna, namun PhD yang baik adalah yang selesai. Sehingga, lisensi dari seorang doktor adalah kemandirian dalam melakukan riset mandiri, lalu memiliki otoritas dalam menerapkan metode dan kaidah keilmuan yang ada. Pemaparan terakhir yang beliau sampaikan yaitu motivasi singkat terkait pengalaman dalam menyelesaikan PhD yang dapat dikutip sebagai berikut: “You never walk alone, start until finish, on track, focus on study, and tawakal doa dzikir sholawat.”

Pada akhir acara, moderator Dr. Retno Wulan Damayanti, S.T., M.T selaku Dosen Program Studi S3 Teknik Industri menutup acara dengan memberikan resume singkat dari paparan pembicara 1 dan pembicara 2, lalu dilanjutkan sesi tanya jawab dari mahasiswa S3 Teknik Industri, dan ditutup dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *