Roboboat 2021 adalah kompetisi internasional yang mengundang peserta untuk mengatasi secara sederhana dari tantangan yang dihadapi industri maritim modern. Tantangan tersebut meliputi pengawasan pantai, keamanan pelabuhan, eksplorasi oseanografi, dan perilaku kooperatif antara sistem yang beroperasi di domain yang berbeda (udara dan laut). Lomba ini diselenggarakan oleh RoboNation, lembaga yang berfokus pada pengembangan teknologi robotik dan berbasis di AS. Pada tahun 2021 ini, lomba Roboboat 2021 dilaksanakan secara daring.

Pada bulan juni lalu, tim delegasi Bengawan UV Team berhasil meraih juara dalam ajang lomba Internasional Roboboat 2021. Peserta delegasi tersebut yaitu Nadia Alfi NF TI’18, Jessica Paleta TI’19, dan Noviana Dwi M TI’19.  Ketiga mahasiswa tersebut berhasil meraih gelar juara dalam 2 kategori yaitu Juara 2 Hull design dan Juara 2 Sensor Optimization.

Testimoni lomba Roboboat 2021 dari mahasiswa TI UNS, “Alhamdulillah pertama kalinya ikut lomba tingkat internasional langsung dapet juara 2 di 2 kategori. Akhirnya bisa membawa nama Bengawan UV Team dan UNS sampe ke tingkat Internasional. Semoga kedepannya dapet lebih baik lagii. Yuk semangat semuanya…”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *