Aktifitas formal selama proses studi S3 Teknik Industri, seperti perkuliahan, penelitian S3, proses publikasi, serta interaksi akademik antara promotor dan mahasiswa S3, dipastikan telah berjalan sesuai kerangka rencana studi yang telah ditetapkan pada masing-masing program studi penyelenggara. Pada sisi lain, dengan adanya variasi pada individu mahasiswa S3 dalam hal kedalaman pengalaman, manajemen waktu, pekerjaan dari lembaga asal, dan hal lain yang berpotensi mengurangi fokus selama menjalani studi, maka diperlukan aktifitas lain yang bersifat semi-formal namun tetap mendukung proses formal.

Salah satu aktifitas semi-formal yang telah berjalan di beberapa program studi di berbagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan S3 adalah seminar kolokium, dimana aktifitas ini bahkan menjadi matakuliah wajib nol SKS pada beberapa program studi. Kolokium memang aktifitas yang bersifat akademik, namun forum di dalamnya memberikan keterbukaan komunikasi yang lebih non-formal antar mahasiswa S3 Teknik Industri. Berkaitan degan hal tersebut, pada hari Rabu 8 Februari 2023, di ruang seminar utama Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) diselenggarakan kegiatan kolokium ini, yang pada periode ini diselenggarakan bersama dengan mahasiswa S3 Teknik Industri Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kolokium bersama tersebut, dihadiri oleh mahasiswa aktif S3 Teknik Industri UNS dan UGM  sebanyak 40  orang, yang memperluas materi diskusi bukan dalam hal membandingkan kinerja atau indikator progress studi, namun lebih pada membuka komunikasi dan wawasan umum terkait studi S3 sekaligus topik tersebut banyak dibutuhkan oleh mahasiswa. Topik utama dalam  kolokium lebih menekankan pada berbagi pengalaman proses pemilihan konferensi atau jurnal untuk publikasi ilmiah, sampai pada tahapan/proses yang akan dilalui sampai paper terpublikasi.

Pada acara yang kurang lebih berlangsung 2 jam tersebut, dibuka oleh Ketua Program Studi S3 Teknik Industri UNS, Prof. Dr. Cucuk Nur Rosyidi. Acara dilanjutkan dengan paparan publikasi dari 3 mahasiswa S3 Teknik Industri UNS yaitu Yuniaristanto, Rahmaniyah Dwi Astuti, dan Ahmad Kholid Alghofari. Dua mahasiswa S3 Teknik Industri UGM, yaitu M. Arbi Hidayat dan Rispianda selanjutnya memaparkan pengalaman dalam bidang publikasi di jurnal internasional bereputasi. Pada sesi terakhir, disampaikan mengenai tips dan trik bahagia dalam menempuh studi S3 “Let’s Be Happy with Your PhD Journey” oleh Dr.Retno Wulan Damayanti, ST., MT.

Dokumentasi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *